Freeportnya Sumbar Mulai Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Simpang Kuayan dan Sekitar

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- PT. Inexco Jaya Makmur (IJM) telah mulai mengerjakan pembangun pemukiman karyawannya di Pandulangen, Simpangkuayan, Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman. Disamping itu, PT. Inexco Jaya Makmur juga telah melakukan perbaikan jalan antara Barilas - Simpang Kuayan- Pandulangen. Pengerjaan ini merupakan bahagian dari pembangunan fasilitas dan infrastruktur pembukaan tambang emas yang akan dikelola oleh PT.IJM di Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman.

Menurut Jalobi, (03/02/2018) salah seorang pemangku adat Barilas di Barilas, hal ini saja, telah memberikan dampak pisitif kepada masyarakat sekitar. Baik masyarakat kampung Barilas, Simpang Kuayan, apalagi masyarakat Pandulangen. Karena pembangunan sarana, fasilitas dan infrastruktur ini, telah membuka mata pencaharian masyarakat melalui penjualan batu, kerikil, dan pasir kepada PT. IJM untuk pengadaan kebutuhan pengerjaan fasilitas dan infrastruktur tersebut. "Harganyapun, lumayan", sebut Jalobi.

Hasil tinjauan ke lapangan, terlihat betul, bahwa masyarakat yang berdekatan langsung ke area tambang emas "freeportnya Sumatera Barat" ini, merasa senang dan menaruh harapan untuk perbaikan kesejahteraan mereka ke depan. "Allah swt telah membuka jalan perbaikan ekonomi kami masyarakat badarai, janganlah para elit mengorbankan kami lagi untuk panggung politik atau papan percaturannya", demikian harapan Jalobi, yang juga diiyakan anggora masyarakat yang sempat diwawancarai media ini.

Salah seorang warga setempat Herman (52) kepada (03/02/2018), mengatakan dengan dilewati kendaraan roda empat kami masyarakat sudah banyak kemudahan.

"Kami masyarakat Kampung Simpang Kuayan, sangat senang dan berterima kasih kepada PT Inesco Jaya Mandiri (IJM) yang telah merubah daerah kuayan dari keterbelakangan,"tutur herman. (Anto)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita